Bahan Kain

Gorden atau tirai merupakan sepotong bahan kain tekstil yang biasa digantung dibagian dalam jendela sebuah ruangan. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk untuk menghalangi cahaya yang masuk dan keluar dari bangunan rumah lewat kaca jendela. Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya gorden yang diciptakan sebagai penutup jendela ini umumnya tersedia dalam berbagai bentuk, bahan, ukuran, warna, dan pola yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

Beberapa jenis bahan kain yang dapat digunakan untuk membuat gorden diantaranya berupa kain blackout, kain dimout, kain semi blackout, kain satin, kain lace, kain sutra, dan kain chenille.

bahan kain Blackout Gorden
Blackout Gorden
Kain Blackout
Kain blackout merupakan sejenis bahan kain yang memiliki kemampuan cukup sempurna untuk menghalangi masuknya cahaya matahari kedalam sebuah ruangan. Kain blackout yang memiliki karakteristik halus, lembut, dan mudah dibersihkan, dapat dibentuk menjadi beraneka ragam gorden untuk dekorasi kamar dan juga ruang tamu. 
Kain Blackout merupakan bahan kain untuk membuat Blackout Gorden
Kain Blackout

Kain Dimout
Kain dimout termasuk kedalam jenis kain tekstil yang memiliki kemampuan menahan sinar matahari hingga 90%, sehingga obyek yang berada dekat dengan jendela hanya terlihat bayangannya saja. Kain dimout yang terkesan begitu elegan lebih banyak digunakan untuk membuat gorden jenis roller blinds yang bisa digulung ke atas atau dibiarkan melebar ke bawah.
Kain dimout merupakan bahan kain untuk roller blinds
Kain Dimout


Kain Semi Blackout
Gorden yang dibuat dari kain semi blackout sangat sesuai jika dipasang pada ruangan kerja, ruang baca, atau ruang keluarga karena memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan cahaya matahari hingga 80%. Kain semi blackout umumnya tersedia dalam berbagai macam pola yang unik dan menarik meski sebagian besar diciptakan dalam warna polos.
Kain Semi Blackout memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan cahaya matahari
Kain Semi Blackout


Kain Satin Halus
Kain satin yang memiliki permukaan yang sangat lembut dan mengkilap jika dipandang dari kejauhan mampu memberikan tampilan yang sedikit mewah pada sebuah ruangan. Pilihan warna dan motifnya yang cukup beragam, ditambah dengan jalinan benangnya yang sangat rapat terkesan begitu elegan ketika digunakan untuk menutupi jendela.
Kain Satin Lembut merupakan bahan kain untuk membuat gorden minimalis
Kain Satin Lembut

Kain Lace
Selain digunakan sebagai bahan pakaian, kain lace nyatanya juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik tampilan gorden maupun vitrase yang dipasang diruang tamu atau kamar. Kain lace banyak digunakan pada vitrase atau bagian tengah gorden untuk membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan jika memang dibutuhkan.
Kain Lace merupakan bahan kain untuk membuat vitrase gorden
Kain Lace

Kain Sutra
Kain sutra yang bertekstur mulus, lembut, namun tidak licin sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan gorden yang desain khusus untuk menambah kesan lembut dan mewah pada setiap ruangan.
Kain Sutra merupakan bahan kain untuk membuat gorden minimalis
Kain Sutra
Kain Chenille
Kain chenille merupakan sejenis bahan gorden yang bertekstur lembut dan halus. Susunan serat kainnya yang rapat menjadikan gorden yang dibuat dari kain chenille terbilang lebih kuat dan tidak mudah robek.
Kain chenille merupakan sejenis bahan gorden yang bertekstur lembut dan halus.
Kain Chenille

sumber artikel: https://fitinline.com/article/read/7-jenis-kain-untuk-membuat-gorden/ 


EmoticonEmoticon